Cirebon, Beritasatu.com - Menjelang libur Nataru (Natal dan Tahun Baru), Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) memastikan pengamanan dilakukan seperti operasi ketupat pada libur lebaran yang lalu.

 

Pasalnya di wilayah Jawa Barat akan ada dua tol yang dibuka secara fungsional dan gratis bagi masyarakat pengguna. Selain itu, seluruh personel di Jawa Barat akan disiagakan di berbagai wilayah untuk memberikan layanan cepat kepada masyarakat.

 

Hal tersebut disampaikan Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Suntana saat menghadiri acara Peresmian Gedung Satpas Prototype Polres Cirebon Kota, di Jalan Ade Irma Suryani, Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa (13/12/2022).

 

Menurut Suntana, seluruh personel akan di siagakan di setiap pos, yaitu di pos tetap, pos pengamanan, dan pos gatur.

 

"Sama dengan kegiatan operasi ketupat kemarin, seluruh personel akan ditempatkan di berbagai wilayah. Ada yang di pos tetap, pos pengamanan, pos gatur, kita buat sedemikian rupa untuk memberikan layanan cepat untuk masyarakat," ujarnya.

 

Selain itu, kata Suntana, pemerintah akan membuka jalan tol Cisumdawu pada libur Nataru mendatang. "Alhamdulillah pemerintah akan mengfusionalisasikan jalan tol cisumdawu. Jadi yang dari Bandung mau ke arah Cirebon tidak perlu lagi melewati tol ke arah Subang, baru muter ke arah Cirebon," kata Suntana.

 

Sebelumnya, Suntana telah mencoba jalur tol Cisumdawu dan non tol Cisumdawu, ia mengatakan tol Cisumdawu dapat mempersingkat waktu bagi masyarakat yang berangkat dari Bandung menuju Cirebon.

 

"Kemarin saya coba, kalau kita pakai tol ke arah Subang-Dawuan itu kira-kira 3 jam. Kemarin saya coba (tol Cisumdawu) kurang dari 2 jam sudah sampai," imbuhnya.

 

Suntana menegaskan, masyarakat yang akan menggunakan tol Cisumdawu saat libur Nataru, tidak akan dipungut biaya.

 

"Insyaallah masyarakat bisa menggunakan tol Cisumdawu untuk libur nataru, tanpa dipungut bayaran. Tapi itu hanya untuk kendaraan kecil. Kendaraan besar truk diizinkan tapi keluar tol Bonjol," tegasnya.

 

Sementara, untuk masyarakat yang berangkat dari arah Jakarta hendak menuju Sukabumi, Suntana menjelaskan, masyarakat bisa menggunakan tol Bogor, Cigombong, dan Oarung Kuda yang nantinya akan dibuka secara fungsional.

 

"Untuk masyarakat Jakarta dan Jawa Barat yang akan berangkat ke Sukabumi, tol Bogor, Cigombong, Parung Kuda akan dibuka secara fungsional juga. Sehingga bisa mempermudah saudara-saudara kita yang mau liburan nataru," jelasnya.

 

Selain itu, untuk rekayasa lalu lintas, atau pemberlakuan contra flow di dalam tol, kata Suntana, sistem contra flow dilakukan secara situasional, melihat dari jumlah kendaraan yang ada di dalam jalan tol. "Untuk contra flow akan dilakukan situasional, kita lihat berapa orang, berapa kendaraan, nanti kita lihat," pungkasnya.

 

 

Artikel ini telah tayang di Beritasatu.com dengan judul "Libur Nataru, Dua Jalan Tol Dibuka Fungsional dan Gratis",
Klik untuk baca: 
https://www.beritasatu.com/news/1008367/libur-nataru-dua-jalan-tol-dibuka-fungsional-dan-gratis

Related Post