Demi kemajuan & inovasi di sektor pengembangan infrastruktur, Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) telah resmi melantik pengurus baru, yang mengikutsertakan Menteri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono. Acara pelantikan ini tidak hanya menandai awal dari kepemimpinan baru tetapi juga memperkuat komitmen HPJI terhadap inovasi, kerjasama, dan keberlanjutan dalam pengembangan jalan di Indonesia.


Kepemimpinan Baru, Visi Baru


Dewan Pengurus Pusat HPJI periode 2023-2027 yang dilantik antara lain, sebagai berikut. 

  • Dr. Ir. Hedy Rahadian, M.Sc sebagai Ketua Umum. 

  • Ir. Heddy Rohandi Agah, M.Eng sebagai Sekretaris Umum. 

  • Ir. Sutopo Kristanto sebagai Bendahara Umum. 

Dengan fokus pada pemanfaatan teknologi terkini, peningkatan kapasitas anggota, dan advokasi kebijakan yang mendukung industri, pengurus baru berambisi membawa HPJI ke puncak prestasi serta kontribusi dalam pembangunan nasional.


Fokus pada Manajemen Aset Jalan di seluruh Indonesia 


Di bawah kepemimpinan baru, Menteri PUPR menjelaskan bahwa HPJI memiliki peran sebagai organisasi profesi yang diharapkan terus berkontribusi bersama pemerintah dalam pengembangan jalan di Indonesia, mulai dari perencanaan, hingga manajemen aset jalan di seluruh Indonesia. Pengembangan solusi teknologi baru untuk pengelolaan dan eksekusi proyek pengembangan jalan juga dapat dilakukan agar lebih efisien.




Tantangan yang Dihadapi Menjadi Agenda Prioritas Nasional 


Teknologi konstruksi yang cepat berkembang menjadi tantangan yang harus dihadapi HPJI, termasuk bagi para ahli pembangunan jalan, yang mengharuskan hadirnya inovasi & kreativitas. HPJI juga harus menciptakan dampak yang signifikan dalam pembangunan jalan dan infrastruktur yang tidak hanya mendukung pertumbuhan ekonomi tetapi juga memperhatikan aspek keberlanjutan serta kesejahteraan masyarakat.


Kemudian tantangan lainnya adalah terbatasnya inovasi pembiayaan karena kurangnya anggaran dan SDM. Sumber daya manusia sebagai motor utama penggerak harus mampu beradaptasi dengan cepat, agar pekerjaan dapat selesai dengan efektif & efisien.


HPJI siap memimpin sektor pengembangan jalan Indonesia menuju masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan. Kepemimpinan baru ini tidak hanya membawa angin segar bagi HPJI tetapi juga membuka jalan bagi kemajuan signifikan dalam pengembangan infrastruktur di Indonesia.


Melalui langkah ini, HPJI mengundang semua pihak untuk bergabung dalam usaha kolektif menciptakan infrastruktur yang lebih baik untuk Indonesia. Bersama, kita dapat membangun jalan menuju masa depan yang lebih cerah untuk generasi saat ini dan yang akan datang

Related Post